Mengejutkan! Jepang Balikan Keadaan Bikin Kandidat Juara Keok

Jepang membuat kejutan dengan mengalahkan Jerman di Piala Dunia 2022. (Istimewa)

POTENSINETWORK.COM — Diluar dugaan Jepang akhirnya beehasil membalikan keadaan dengan mepermalukan kandidat juara Piala Dunia 2022. Jepang berhasil membungkam Jerman 2-1 dalam laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Doha, Rabu (23/11) malam WIB.

Meski pada babak pertama Jerman menguasai pertandingan, namun pada babak kedua Jepang mampu membalikkan keadaan. Sebaliknya Jerman nampak prustasi setelah beberapa kali peluang gagal membuahkan gol.

Jepang bermain dengan penuh percaya diri, di babak kedua mamou menekan para pemain Jerman. Jepang mengulang sukses tim Arab Saudi yang juga diluar dugaan mampu membungkam tim yang difavoritkan jurara Argentina.

Intinya Tim Asia tak bisa dipandang remeh tim-tim berkelas dunia yang selama ini “dikuasai” dari belahan Eropa dan Amerika Latin.

Baca Juga  Argentina Apes di Laga Perdana, Ditekuk Arab Saudi 1-2, Ada Isyarat Ucapan Paulo Dybala

Dilansir dari CNN Indonesia, walaupun belum menurunkan Takumi Minamino dan Takehiro Tomiyasu, Jepang bisa memberikan tekanan pada Jerman.

Jepang bahkan sempat membobol gawang Jerman di menit kedelapan setelah Daizen Maeda sukses meneruskan umpan silang Junya Ito. Namun gol tersebut tidak disahkan wasit karena Maeda sudah berada dalam posisi offside.

Jerman kemudian terus melancarkan tekanan. Beberapa peluang didapat dari Joshua Kimmich dan Ilkay Gundogan tetapi belum berbuah gol.

Walaupun sempat kesulitan, Jerman akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit ke-33. Penalti didapat Jerman usai David Raum dilanggar di kotak terlarang.

Gundogan yang maju sebagai eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik. Gundogan mengecoh Gonda dan membawa Jerman memimpin 1-0 dan bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga  Kolaps di Atas Ring, Petinju Musa Yamak Meninggal Dunia

Jerman mendapatkan peluang emas untuk memperbesar keunggulan jadi 2-0 pada menit ke-61. Gundogan melepaskan tembakan ke pojok kiri gawang tetapi mengenai tiang gawang.

Shuichi Gonda tampil heroik di bawah mistar Jepang pada menit ke-71. Ia melakukan empat penyelamatan beruntun sehingga membuat Jerman gagal memperbesar keunggulan.

Dua menit berselang giliran Manuel Neuer yang beraksi di bawah mistar Jerman. Peluang emas yang didapat Takuma Asano digagalkan oleh kiper Bayern Munchen itu.

Jepang akhirnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-75. Sontekan pemain pengganti Ritsu Doan memanfaatkan tepisan Neuer di muka gawang menggetarkan gawang Der Panzer.

Jepang justru berbalik unggul pada menit ke-84. Umpan terukur bek tengah Ko Itakura membuat Takuma Asano lolos dari jebakan offside dan dengan tenang membobol gawang Neuer dari sudut sempit untuk mengubah skor jadi 2-1.

Baca Juga  10 Negara Kuat Ini Bakal Absen di Piala Dunia 2022

Jepang memilih fokus bertahan usai unggul 2-1 atas Jerman. Pertahanan yang solid mampu ditunjukkan dan kemenangan atas Die Mannschaft bisa dipertahankan hingga laga usai.

Kemenangan atas Jerman membuat Jepang memuncaki klasemen sementara Grup E Piala Dunia 2022 dengan koleksi tiga poin. Sementara Jerman terpuruk di posisi juru kunci.

Susunan Pemain Jerman vs Jepang
Germany XI: Neuer; Sule, Rudiger, Schlotterbeck, Raum; Kimmich, Gundogan; Gnabry, Muller, Musiala; Havertz.

Japan XI: Gonda; Sakai, Itakura, Yoshida, Nagatomo; Endo, Ito; Kamada, Tanaka, Kubo; Maeda.(red.)***