43 Artikel Ilmiah Mahasiswa UIN Bandung Berhasil Presentasi pada CATAH 2022

POTENSINETWORK.COM – Sebanyak 43 mahasiswa Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin (FU) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil mempresentasikan artikel pada Conference Article of Takhrij Hadith (CATAH) 2022. Konferensi ini mengambil tema “Take a Steps of Create by Writing Articles.”

Acara digelar di Aula Lectur Hall (LH) Kampus I UIN Bandung, Jl. AH. Nasution No. 105 Bandung, Rabu (28/12/2022).

The Best Paper diraih oleh Fitri Andaryani dengan judul “Introvert Self Disclosure and al-Haya in Islamic Perspective: A Study Takhrij and Syarah Hadith.” Sedangkan The Best of The Best Presenter adalah Dzu Hulwin dengan judul “Use of Braces from the Perspective of Islamic Law: Study of Takhrij and Syarah Hadith.”

Konferensi dimulai dengan pembukaan dan presentasi artikel di panel utama. Presenter di panel utama adalah Iqrimatunnaya, Dzu Hulwin, dan Hasan Muhammad Al Fatih. Panel utama dipandu oleh Hasna Rafidah Salsabila. Selain panel utama juga disiapkan enam panel untuk penilaian The Best Presenter.

Baca Juga:  Cecep Suhendar berhasil raih Doktor Administrasi Publik dengan Disertasi Memuaskan

Peraih nilai tertinggi di masing-masing panel, yaitu: Fursan Ruhbani Panel A; Hasna Rafidah Salsabila Panel B; Lazuardy Azra Panel C; Hafizah Irfani Panel D; Lutfatul Millah Panel E; Husna Nabila Panel F.

Dewan Juri sebanyak enam orang akademisi yaitu Irma Riyani, Ph.D., Dr. Dadan Rusmana, M.Ag., Ali Al Hadad, MH., Fajar Rohandy, M.Hum., Muhammad Rahmatullah Arken, M.Ag, dan Chyril Futuhana Ahmad, S.Ag. Semuanya merupakan akademisi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Irma Riyani, Ph.D., Ketua Dewan Juri, memberikan komentar. “Acara ini luar biasa patut diapresiasi. Penulisan artikel secara umum sudah memenuhi struktur artikel ilmiah. Presentasi juga cukup memadai tetapi kebanyakan masih dibutuhkan perespektif untuk penambahan substansi isi artikel,” tuturnya.

Baca Juga:  HUT PGRI ke-78 dan HGN tahun 2023 PGRI Cabang Pameungpeuk Gelar Jalan Santai dan Gebyar Senam Sehat

Fitriani, pengelola Journal of Takhrij Al-Hadith (JTH) dan fasilitator penulisan artikel untuk CATAH menetapkan beberapa kategori penghargaan. Antara lain penulis tercepat tuntas satu pekan Iqrimatunnaya, Similarity terkecil 3% Ina Nurseha, dan sumber terbanyak sebanyak 24 rujukan yaitu Iqrimatunnaya dan Fitri Andaryani.

Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., Dekan Fakultas Ushuluddin membuka agenda CATAH. “Konferensi hendaknya menjadi budaya akademik mahasiswa di tahun-tahun ke depan. Selamat untuk semua mahasiswa telah usaha memenuhi tuntutan global,” ungkapnya.

Ecep Ismail, M.Ag., Ketua Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) memberikan apresiasi. “Kami bangga atas prestasi generasi Z yang telah menginisiasi konferensi. Lanjutkan, ini merupakan keunggulan mahasiswa,” paparnya.

Hana Mariatul Qibtiyah, Ketua Panitia CATAH 2022, tampil menyampaikan sambutan. “Kami ucapkan terimakasih kepada undangan, para juri, dan peserta. Serta mohon maaf atas segala kekurangan,” tutur Ketua didampingi Husna Dhiyaul Ilmi Sekretaris CATAH 2022.

Baca Juga:  Situs PPDB tak bisa Diakses, Orang Tua tidak tahu Anaknya Diterima atau Tidak….!!!

CATAH 2022 terlaksana atas dukungan Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan Sentra Publikasi Indonesia. Agenda ini merupakan inisiatif mahasiswa IAT Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sebanyak 43 artikel dihasilkan dari mata kuliah Takhrij Hadis di Kelas B Semester III. Penulisan artikel dilakukan pada masa perkuliahan sejak 04 September 2022.

Petugas acara ini adalah Master of Ceremony (MC) Asri Muthiyal Haq dan M. Haekal Fatahillah A, pembaca Ayat Suci al-Qur’an Eca Dwi Yandra, dirigen Indi Ariqah, dan pembaca doa Ilham Musthofa.

Acara ini juga menampilkan Special Performance oleh Fadhil B.Z., Stand Up Comedy Banyuwangi Komika Santri. Adapun MC hiburan adalah Ia Aulia dan Fadly Alanka. Nama-nama presenter terhimpun dalam Book of Abstract CATAH 2022.***