Wisata  

Bupati Bandung Apresiasi Bedas Creative Festival 2022

POTENSINETWORK.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Kabupaten Bandung menggelar kegiatan pemberian anugerah pariwisata, budaya dan ekonomi kreatif tahun 2022 dan launching calendar of event 2023 di Gedung Budaya Soreang, Kamis (22/12/22) malam.

Bupati Bandung H M Dadang Supriatna sangat mengapresiasi atas digelarnya event Bedas Creative Festival tahun 2022, dalam rangka mewujudkan program Bedas Beraksi (bangkitkan ekonomi kreatif dengan aksi), berdaya (bangkitkan ekonomi dengan ragam budaya), dan berwisata (bangkitkan ekonomi pariwisata).
“Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah guna mendorong daya saing daerah melalui potensi pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Bupati Dadang Supriatna di Gedong Budaya Soreang, Kamis malam.

Bupati Bandung kegiatan even launching of event 2023 ini sangat penting dalam upaya memberdayakan para insan seni budaya, pariwisata, dan kreatif di Kabupaten Bandung dan sebagai ajang promosi, edukasi dan kolaborasi untuk mendukung tercapainya visi mewujudkan masyarakat Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera (Bedas).

Baca Juga:  Longsor dan Banjir Terjang Kabupaten Bandung, Bupati Minta Masyarakat dan Aparat Tangani Sama-sama

Bupati Bandung menyebutkan bahwa dunia pariwisata merupakan salah satu sektor tumpuan penggerak ekonomi, meningkatkan pendapatan masyarakat juga pendapatan daerah.
“Namun, bangkit pasca pandemi Covid-19 adalah sebuah keniscayaan bagi kita semua. Tak terkecuali para pegiat pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.
Untuk itu, kata dia, diperlukan adanya strategi pengembangan pariwisata yang efektif, aman, terintegrasi dengan melibatkan sejumlah pihak.
“Termasuk para insan budaya, pariwisata, dan kreatif Kabupaten Bandung,” ucapnya.

Sehingga, kata Dadang Supriatna, anugerah pariwisata budaya dan ekonomi kreatif ini, harus menjadi langkah awal untuk terus bangkit dan melanjutkan prestasi, semakin termotivasi dan semangat berkontribusi untuk negeri.

Baca Juga:  Tujuh Wahana di Barusen Hills, Siap Manjakan Wisatawan

Pada tahun 2023 mendatang, Kang DS, sapaan akrab Dadang Supriatna, menjelaskan, bahwa Kabupaten Bandung akan menyelenggarakan 3 event besar , yaitu FIFA World Cup U-20, City Summit Sanitation (CSS) serta Fornas (festival olahraga rekreasi masyarakat nasional) 2023.
“Peluncuran calendar of event 2023 ini akan menjadi point penting dalam rangka meningkatkan sektor pariwisata, ekonomi kreatif Kabupaten Bandung lebih bangkit, meningkatkan seni budaya, ekonomi kreatif yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Kang DS mendorong para komunitas pariwisata kreatif, agar bisa mempersiapkan strategi secara terstruktur, terpadu, dan berkesinambungan. “Agar kedepannya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini bisa menopang perekonomian, juga sebagai penggerak ekonomi rakyat yang terintegrasi, bersama unsur lainnya,” ujarnya.

Baca Juga:  Di Curug Awi Langit selain Mengasyikan bisa Petik Strawberry Sendiri

Kang DS berharap melalui apresiasi ini akan membuat insan budaya, pariwisata dan kreatif di Kabupaten Bandung, semakin bersemangat mengenalkan berbagai potensi dan kekayaan alam wisata yang dimiliki Kabupaten Bandung dengan mengoptimalkan teknologi digital.
“Dengan harapan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Bandung dapat terinformasikan secara menyeluruh, lengkap, terarah dan terukur. Nantinya akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata serta menumbuhkan geliat ekonomi masyarakat, yang nantinya akan menghidupkan kembali sektor lainnya di Kabupaten Bandung,” pungkasnya.***