News  

Warga Tewas, Ratusan Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang di Banjar

Foto: bnpb

POTENSINETWORK.COM – Satu warga meninggal dunia saat angin kencang menerjang Kota Banjar, Provinsi Jawa Barat, awal pekan ini.

Peristiwa yang terjadi sore, pukul 16.30 WIB itu, terjadi bersamaan saat hujan lebat melanda beberapa desa.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar menginformasikan tiga desa yang terdampak di Kecamatan Langensari itu, antara lain Desa Bojongkantong, Rejasari, Kujangsari dan Waringinsari.

Selain satu warganya meninggal dunia, 99 KK lain terdampak kejadian ini, sedangkan sejumlah rumah warga juga mengalami kerusakan dari tingkat ringan hingga berat.

Baca Juga:  Antisipasi Hak Pilih di Luar Domisili, KPU Garut Siapkan Pelayanan Pindah Memilih

Total rumah yang mengalami kerusakan tercatat 99 unit, dengan rincian rumah rusak berat 16 unit, rusak sedang 34 unit dan rusak ringan 49 unit.

Kerusakan juga terjadi pada satu fasilitas ibadah dengan tingkat sedang, 1 unit fasilitas pendidikan rusak berat dan pondok 1 pesantren rusak sedang.

Meskipun demikian, BPBD setempat menginformasikan pula, tidak ada warga yang mengungsi.

BPBD dan sejumlah unsur telah melakukan penanganan darurat untuk membantu warga yang terdampak, seperti evakuasi warga yang meninggal dunia, pembersihan puing material bangunan yang rusak, pemangkasan ranting pohon serta pohon tumbang.

Baca Juga:  Tempat Penghitungan Suara Pemilu Tersapu Angin Puting Beliung, Bupati Bandung Pastikan Surat Suara Tetap Aman