Objek Wisata Barusen Hills Rugi Puluhan Juta Rupiah Karena Lambannya Perbaikan Jalan

POTENSINETWORK.COM – Salah satu objek wisata di Kabupaten Bandung yaitu Barusen Hills harus mengalami kerugian hingga Rp20 juta per hari. Hal tersebut disebabkan oleh kegiatan perbaikan Jalan Papak Manggu Desa Cibodas Kecamatan Pasirjambu yang tak kunjung selesai sehingga membuat kendaraan sulit melintas khususnya kendaraan jenis bus.

GM objek wisata Barusen Hills, Carla Diance mengatakan saat ini jumlah kunjungan wisatawan ke Barusen Hills berkurang hingga 50 persen. Penyebabnya adalah jalan yang tidak bisa dilalui oleh bus karena ada perbaikan jalan dari arah Pasirjambu menuju lokasi wisata.

“Harusnya tamu bisa mencapai 1.000 orang. Tapi sekarang baru sekitar 400-500. Karena jalan tidak bisa dilalui bus, padahal paling banyak tamu disumbang dari bus,” ujar Carla saat ditemui di objek wisata Barusen Hill, Pasirjambu, Minggu (1/1/2023).

Baca Juga:  Otista Diserbu Pelamar CPNS dan PPPK

“Jalan di cor, bus enggak bisa masuk, 22 bus cancel saat libur natal dan tahun baru,” sambungnya.

Menurut Carla, perbaikan jalan tersebut dijanjikan selesai dalam waktu satu pekan hingga sepuluh hari. Tapi kenyataannya sudah dua minggu, perbaikan jalannya tak kunjung usai.

“Harusnya kita ramai bukan hari ini saja, tapi dari dua minggu sebelum tahun baru dan dua minggu setelah tahun baru, tapi proyek jalan ini yang direncanakan seminggu sampai 10 hari tapi ternyata sampai saat ini belum selesai,” tuturnya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Kabupaten Bandung H. Sugianto, S.Ag, M.Si Perjuangkan Pelaku UKM Produktif

Kerugian, lanjut Carla, tidak hanya berdampak pada manajemen objek wisata. Tetapi juga berimbas pada pedagang, UMKM hingga tukang parkir. Dirinya berharap instansi terkait bisa segera turun tangan untuk menyelesaikan perbaikan jalan menuju kawasan wisata tersebut.

“Kerugian bisa Rp20 juta per hari, yang seharusnya kita bisa dapat Rp40 juta, sekarang enggak sampai setengahnya,” ungkap Carla.

Sementara itu, agar tetap bisa menarik wisatawan, objek wisata Barusen Hills menyiapkan program diskon tiket masuk. Dimana, jika normal harga tiket bisa mencapai Rp50 ribu per orang, kini wisatawan hanya perlu merogoh kocek Rp35 ribu saja.

Baca Juga:  Sambut Endemi, Ini Sejumlah Langkah Pemkot Bandung Pulihkan Ekonomi

“Kalau dengan harga normal dan keadaan jalan seperti itu, maka enggak ada yang datang,” katanya.

Sebagai informasi, Barusen Hills ini memiliki banyak sekali wahana menarik. Dari mulai kolam, taman, area danau, area bukit, flying fox, sepeda gantung dan bebek gowes.

Pengunjung asal Bandung, Roni mengaku mendapatkan pengalaman yang cukup menarik saat berkunjung ke objek wisata Barusen Hills. Di mulai dari tempatnya yang cukup nyaman dan sangat cocok untuk anak-anak. Dirinya merekomendasikan wisatawan lain untuk berkunjung dan menikmati liburan di Barusen Hills.

“Banyak wahananya. Tadi sempet berenang, flying fox,” kata Roni saat ditemui di Barusen Hills, Pasirjambu.*(Lily Setiadarma)