Sikapal hilangkan Praktik Pencaloan, Bupati; Pelayanan Fleksibel tanpa Ribetnya Birokrasi

POTENSINETWORK.COM – Untuk memberikan pelayanan maksimal, Bupati Bandung H.M.Dadang Supriatna melaunching aplikasi sistem kamera antrian pelayanan (Sikapal) di Pengadilan Agama (PA) Soreang Kabupaten Bandung, Selasa (14/2/23) pagi.

Menurutnya, Sikapal merupakan sebuah terobosan untuk menghilangkan praktik percaloan di lingkungan PA Soreang.

“Sikapal sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kabupaten Bandung. Saya harap aplikasi ini dapat digunakan dengan baik, sehingga akan berdampak pada hilangnya praktik percaloan,” jelasnya.

“Masyarakat bisa melakukan pendaftaran antrian secara self service. Secara teknis, kamera akan merekam wajah dan data pendaftar untuk dikonfirmasi di ruang sidang,” tambah Dadang.

Baca Juga:  G. Budisatrio Djiwandono: Pentingnya Pemahaman Kebangsaan Demi Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Dia.mengatakam, Pemkab Bandung bersama PA Soreang akan berupaya meningkatkan efektivitas budaya kerja, khususnya pelayanan publik, sehingga dapat mencapai kondisi yang diharapkan.

Berdasarkan data di PA Soreang, pada 2022 tercatat 8.796 kasus perceraian dengan alasan ekonomi, perselisihan serta perselingkuhan. Itu ungkap Dadang, disebabkan oleh gejolak inflasi yang sampai saat ini masih terjadi.

Untuk itu, dia mengajak pada jajaran PA Soreang untuk berkolaborasi bersama Pemkab Bandung dalam mendukung program pemerintah yang saat ini terus digaungkan.