Ribuan Warga Belajar Lembaga PKBM se-Kabupaten Bandung Ikuti Ujian Sumatif

POTENSINETWORK.COM – Lima ribu warga belajar yang berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) se Kabupaten Bandung mengikuti Tes Sumatif untuk Paket C atau setara dengan SMA. Sebagai informasi, tes Sumatif adalah untuk Paket C atau setara dengan SMA. Melansir dari portal Kemendikbud, tes Sumatif adalah sebuah penilaian yang bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan.

Ketua FK PKBM Kabupaten Bandung, H . Furqon Nulhakim S.Ag., M.Pd., mengatakan tes Sumatif secara serentak dilaksanakan mulai Sabtu tanggal 8 April 2023, selama empat hari. Katanya, total ada 5 ribu peserta yang berasal dari 80 lembaga PKBM se Kabupaten Bandung.

“Berlangsung empat hari, pelaksanaan kegiatan ini adalah hasil dari inisiatif forum tutor dengan PKBM yaitu melaksanakan program pemerintah dibidang pendidikan,” ujar Furqon saat dihubungi via telepon, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga:  DPC Partai Gerindra Kabupaten Bandung Gelar Pendidin Politik dan Konsolidasi Kader Partai

Sebagai informasi, ada 200 peserta yang tidak bisa mengikuti tes Sumatif dikarenakan yang bersangkutan belum terdaftar dalam NISN. Pihaknya mengaku telah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi masalah tersebut.

“Bagi 200 peserta yang belum bisa mengikuti ujian Sumatif, harap sabar semoga tahun depan bisa ikut lagi,” harapnya.

Pada bulan Mei mendatang, ungkap Furqon, juga akan dilaksanakan ujian kesetaraan yang bisa diikuti oleh warga belajar.

Dijelaskan Furqon, bagi warga belajar paket c stara SMA yang mengikuti tes sumatip dan uji kesetaraan dan dinyatakan lulus akan mendapatkan ijazah dan sertifikat akan tetapi warga belajar yang hanya mengikuti tes sumatif saja hanya mendapatksn ijazah.

Baca Juga:  Tingkatkan Pelestarian Primata, Geo Dipa Energi Dukung Pelepasliaran Sepasang Owa Jawa di Cagar Alam Gunung Tilu

“Pesan kami mudah-mudahan warga belajar yang sedang melaksanakan ujian Sumatif, bisa mendapatkan manfaatnya,” tutup Furqon.
(Lily Setiadarma)