Kirim Video Liputan Masjid Raya Al-Jabbar, Mahasiswi KPI UIN Bandung Raih Juara Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat 2023

POTENSINETWORK.COM – Kompetisi Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat 2023 sebagai salah satu rangkaian acara dalam Anugerah Penyiaran KPID Jabar.

Pasanggiri diselenggarakan yang Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat ini menarik perhatian generasi muda untuk berpartisipasi aktif di dalamnya. Salah satunya berhasil meraih juara dalam ajang pasanggiri tersebut adalah Ifah Latifah, Mahasiswi KPI UIN SGD Bandung .

Ifah melakukan pendaftaran Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat 2023 yang dibuka sejak 6 Juli sampai 3 Agustus 2023. Mahasiswa semester 3 ini mengirimkan video berita liputan masjid Raya Al-Jabbar.

“Video yang saya kirimkan ke kanal YouTube pribadi berupa liputan Masjid Raya Al-Jabbar dan Ma’rod Al-Jabbar atau Galeri Rasulullah SAW,” ungkap mahasiswa asal Kawali Ciamis ini, Minggu (27/8/2023).

Menurut Ifah, produksi video persyaratan pasanggiri bergengsi ini memerlukan effort yang maksimal. Sebelumnya Ifah hampir putus asa karena ada kendala dalam tahap voice recording dan editing. Dengan dibantu rekan satu jurusannya Ia akhirnya bisa mengirimkan video ke panitia lomba lebih awal dari deadline yang ditentukan. Videonya tersebut bisa diakses di https://youtu.be/zB4vnxbFJbc?si=SSNtuu0aNjggnZ2m

Baca Juga:  Dies Natalis ke-68 UPI Usung Tema Bangkit, Berkarya, Inovatif Menuju Indonesia Emas 2045

Tahap berikutnya dari Acara yang bertujuan untuk memilih talenta terbaik calon penerus SDM penyiaran di Jawa Barat adalah seleksi video, hingga terpilih sepuluh peserta yang lolos ke Grand Final Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat. Pada tahap ini ada 10 orang yang terpilih, dan empat di antaranya adalah mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Bandung, Raihan Husna, Bilqis Nuramalia, Dian Ramadhan, dan Ifah Latifah. Mereka bersaing di Grand Final yang diselenggarakan pada 14 Agustus 2023 di Atrium Asia Plaza Sumedang.

Pada tahap Grand Final, terdapat dua sesi penampilan kemampuan membacakan berita dan unjuk kabisa. Untuk menguji kemampuan peserta, mereka memilih dan menjelaskan salah satu dari sepuluh tema tentang penyiaran dengan sistem undian. Kemudian dilanjutkan dengan sesi unjuk kabisa.

“Pada sesi membacakan berita, saya mendapatkan tema Konten Ramah Perempuan dan Anak di Lembaga Penyiaran dengan durasi maksimal 5 menit. Dan di sesi unjuk kabisa saya menampilkan Ngawih sunda sambil memainkan alat musik kecapi,” ungkap Ifah Latifah

Baca Juga:  H Ruli Targetkan 2022 Selesai Pembangunan 15 SMPN

Setelah melewati beberapa tahapan yang kompetitif, akhirnya disampaikan pengumuman pasanggiri pada 25 Agustus 2023 di Instagram KPID JABAR, Juara I Wilda Riva Fadhilah, Irma Yulianas dan Ifah Latifah. Berdasarkan informasi dari panitia hadiah penghargaan akan diserahkan pada acara puncak Anugerah Penyiaran KPID Jawa Barat “Ngalingling Wiati-Ngalanglang Jomantara Duta Penyiaran Jabar.”

Ifah mengucapkan rasa syukur atas raihan juaranya tersebut. Prestasi yang diraihkan ini tentu saja bukan hanya usahanya sendiri, tapi juga berkat bantuan dan doa dari berbagai pihak.

“Alhamdulillah berkat do’a dan support dari keluarga, saya berhasil menjadi Juara dalam Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat 2023. Terima kasih atas dukungan yang kuat dari Pa Uwes Fatoni selaku sekretaris jurusan, mahasiswa KPI angkatan 2022/2023, dan masyarakat Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis. Semoga melalui kompetisi ini, terus tercipta generasi muda yang memiliki kompetensi tinggi di bidang penyiaran.” jelas Ifah.

Ia berharap mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Bandung konsisten mengukir prestasi dalam passionnya masing-masing sampai berada di tahap expert, sehingga akses dan peluang untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat semakin besar.

Baca Juga:  Ke depan Dosen bukan Distributor Ilmu, Gubernur Jabar Minta Akademisi Ciptakan Prodi Jawab Kebutuhan Zaman

Dr. H. Uwes Fatoni, M.Ag, Sekretaris Jurusan KPI, mengungkapkan bahwa raihan prestasi Ifah ini melengkapi juara yang diraih mahasiswa KPI selama tiga tahun terakhir dalam Pasanggiri Duta Penyiaran.

Kegiatan Pasanggiri Duta Penyiaran Jawa Barat ini merupakan salah satu dari kajian KPI yaitu tentang penyiaran. Tentu ini raihan juara ini menandakan bahwa mahasiswa KPI bisa kompetitif dalam menguasai masalah penyiaran.

Ketua Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Aang Ridwan, M.Ag, CICS mengungkapkan apresiasinya atas raihan prestasi mahasiswa KPI tersebut. Ia berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi Ifah dan juga mahasiswa lainnya untuk terus mengukir prestasi.

“Dengan raihan pretasi ini Ifah dan para mahasiswa lainnya semoga semaki bersemangat untuk mengikuti dan menjuarai berbagai perlombaan yang sesuai dengan kompetensi jurusan,” ungkapnya.