Dinsos Kota Cimahi Gelar Kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana

Dinsos Kota Cimahi Gelar Kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana

CIMAHI, POTENSINETWORK.COM – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Cimahi menggelar kegiatan Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. Hal itu diperlukan untuk memperkuat kesiapsiagaan masyarakat menghadapi potensi bencana di wilayah tersebut Kegiatan berlangsung dilaksanakan selama 3 hari yaitu Kamis-Sabtu (21-23/3/2024). Sejumlah masyarakat dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi dan pelatihan teknis tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Jaminan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin (Linjamsos dan PFM) Dinsos Kota Cimahi Agustus Fajar mengatakan, kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai risiko bencana di daerahnya, meningkatkan pengetahuan, dan keterampilan dalam mengurangi risiko serta menghadapi bencana.

“Kegiatan digelar untuk mengedukasi pengurus KSB tentang manajemen penanggulangan bencana. Serta mendorong kreativitas dan kearifan lokal dalam melaksanakan kegiatan kesiapsiagaan dan pengurangan risiko bencana,” ujarnya. Kegiatan ini melibatkan sejumlah peserta dalam setiap tahapannya.

Baca Juga:  PWI Kabupaten Bandung Peringati HPN 2023 dengan Tausiyah

“Sosialisasi pada hari pertama diikuti oleh 70 orang, pelatihan teknis pada hari kedua diikuti oleh 60 orang, dan simulasi uji SOP KSB pada hari ketiga diikuti oleh 275 orang,” terangnya.

Kegiatan dilaksanakan mengacu pada Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, serta Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana. Selain itu, kegiatan ini juga dilandasi oleh Permensos Nomor 128 Tahun 2011 tentang Kampung Siaga Bencana.**