News  

Penanganan Bencana di Kecamatan Rongga, perlu Mendapatkan Perhatian yang Lebih Serius

BANDUNG BARAT, POTENSINET.COM – Bencana longsor yang melanda beberapa desa di kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat, seakan terfokuskan pada Bencana longsor yang terjadi di desa Cibenda kecamatan Cipongkor, hal itu dikarenakan bencana itu menelan korban jiwa yang cukup banyak.
Sehingga bencana yang terjadi di daerah lain seakan terabaikan.
Seperti yang dialami korban longsor di kecamatan Rongga.

Peristiwa pergerakan tanah di desa Cibedug yang terjadi beberapa waktu membuat semua pihak heboh, sehingga berbagai bantuan pun terfokuskan pada Bencana tersebut, padahal pada waktu bersamaan kejadian longsorpun terjadi di desa Cibitung, dengan titik longsor tersebar di beberapa wilayah, akibatnya untuk bantuan bagi para korban sedikit kurang diperhatikan.

Tidak lama berselang,muncul kejadian longsor yang terjadi di Desa Cibenda, padahal peristiwa longsor itu terjadi pula di beberapa desa dikecanatan rongga, dengan menelan jiwa satu orang warga desa Sukaresmi.

Baca Juga:  Ucapan Terimakasih Ketua Panwas Kecamatan Batujajar yang Telah Mensukseskan Pemilu 2024

Berdasarkan data dari pihak kecamatan Rongga, ada beberapa desa yang mengalami musibah longsor terjadi di desa Cibitung, Sukaresmi, Cinengah, Cicadas dan Desa Bojongsalam dengan bangunan yang mengalami rusak berat hingga ringan mencapai 302 KK dengan jumlah terdampak 1.126. jiwa.

Dengan jumlah terbanyak terjadi di Desa Cibitung , mencapai 217 Kepala Keluarga terdampak serta 55 bangunan mengalami rusak berat, sehingga untuk sementara sebagian korban ditampung di sanak keluarganya, mengingat sebagian rumah mereka tidak bisa ditempati, belum lagi areal pertanian yang hancur diterjang banjir bandang mencapai puluhan hektar.

Baca Juga:  Beras Dijual Rp 10.300 per Kg, Ribuan Warga Serbu Gerakan Pangan Murah Pemkab Bandung

untuk itu kepada para Donatur untuk dapat memberikan bantuan kepada para korban agar dapat meringankan beban mereka. (Lasmana)