Peringati Hari jadi Kabupaten Bandung ke-383, Pemkab Bandung Gelar Festival Kreativitas Kabupaten Bandung Bedas.

KAB.BANDUNG, POTENSINETWORK.COMFestival Kreativitas Kabupaten Bandung Bedas digelar di depan Komplek Pemerintahan Kabupaten Bandung jalan Al Fathu Jumat, 19/04/2024.

Diantara jajaran stan yang didirikan Badan dan Dinas, mata kami tertuju kepada stan yang didirikan Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Bandung (BAPPERIDA). Pasalnya di stan tersebut kami melihat tungku Incinerator pembakaran sampah.

Cepi, guru dari salah satu sekolah swasta yang berinisiasi dengan Incinerator di stan BAPPERIDA, menjelaskan bahwa tungku ini mampu mengatasi permasalahan sampah yang ditimbulkan dari sisa pakai makanan rumah tangga, tungku ini memang terbilang mungil, ruang bakar terbuat dari plat esser 2.5 mm ,dan ruang flow oksigen plat esser 2 mm dengan rangka luar siku 4X4 yang dimodifikasi dengan Blower 4X4 high speed 12 volt daya listrik adaptor 3 Amper 12volt. Incinerator adalah alat daur ulang sampah dengan cara membakar sampah pada suhu yang sangat tinggi. Alat ini digunakan untuk mendaur ulang sampah dalam skala besar atau kecil. Alat ini juga mampu membakar limbah padat seperti plastik, limbah B3 dan sampah residu.

Baca Juga:  Berkah Ramadhan, PT Geo Dipa Energi Berbagi Sembako, Santuni Anak Kurang Mampu dan Beasiswa bagi Anak Berprestasi

Alat ini diberi nama SL4BER, fungsi dari alat ini untuk memanfaatkan sampah menjadi energi panas/api.

Dengan memadukan konsep system Insenerasi dan Gasifikasi sehingga dapat memanfaatkan proses pembakaran sampah diruang cahamber dapat menjadi energi api yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan memasak sebagai pengganti Gas LPG, tutup Cepi.

Ruli, Kepala Bidang Riset dan Inovasi yang menangani Inovasi Daerah pada Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Bandung ,menjelaskan peneliti dan para inovator masyarakat baik itu dari bangku sekolah, perguruan tinggi, maupun masyarakat umum untuk senantiasa berkreasi dan berinovasi. Yang pada ujungnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan demi kemajuan Kabupaten Bandung, harapnya.**Daeng07.