Pj Bupati Garut Ingatkan Kades Jangan Banyak Berdiam di Desa, Karena ada Sekdes dan Perangkat

GARUT, Potensinetwork.com – DPMD Kabupaten Garut menggelar kegiatan Semiloka Kerjasama Desa dan Kawasan Pedesaan dengan tema “Digital Framing Kerjasama Desa dan Kawasan Perdesaan Sabagal Transformasi Digital Ekosistem Pemerintahan Desa Dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Desa dan Pengembangan BUMDES”. Acara tersebut juga diikuti oleh kegiatan Halal Bihalal yang melibatkan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Garut bersama PJ Bupati di Aula Pendopo Garut pada Selasa (23/04/2024).

Dalam sambutannya, PJ Bupati Garut, Barnas Adjidin, menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi serta peningkatan kerjasama antara desa dan kawasan pedesaan.

“Kegiatan ini memiliki maksud yaitu untuk ajang silaturahmi, lalu dengan pertemuan ini kita akan menambah rekan, kawan, dan kita tahu bahwa pembangunan nasional itu akan ditentukan oleh desa,” ujar Barnas.”

Baca Juga:  "Tragedi Cicalengka", Sejumlah korban dilarikan ke RSUD Cicalengka

“Intinya PJ Bupati mendorong agar BUMDES bisa maju, warga yang tidak mampu agar di prioritaskan dan di perhatikan. Dan Kepala Desa, jangan banyak berdiam diri di kantor (Desa), harus banyak keluar bergaul dengan desa yang sudah maju dan fokus pada kebijakan strategis, “imbuhnya.

Barnas Adjidin juga menyoroti pentingnya peningkatan anggaran desa pada tahun-tahun mendatang. “Jadi saya harap di tahun 2025 anggaran desa harus meningkat, jangan sampai THR tidak ada, lalu perangkat lainnya juga harus diperhatikan oleh karena itu nanti kita akan skema untuk diberikan kepada orang yang memang punya tanggung jawab dalam rangka membangun desa,” ungkapnya.

Baca Juga:  Kerap Terjadi Banjir, Warga dan Pemdes Sayati Lakukan Gerakan Bersih-bersih Saluran

Dalam upaya mewujudkan desa yang mandiri dan produktip, Barnas Adjidin menegaskan pentingnya peran kepala desa sebagai ujung tombak pembangunan.