News  

Pj.Wali Kota Cimahi Lakukan Panen Bersama Komoditas Cabai

Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi Panen Cabai Bersama Di Kebun Kelompok Tani Hurip Jaya Kampung Nyalindung Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Senin (20/5/2024). [Diksominfo Kota Cimahi]

CIMAHI, POTENSINETWORK.COM Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi kembali menggelar kegiatan Panen Cabai Bersama hasil dari Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen Holtikultura (Gertam Parti), di Kebun Kelompok Tani Hurip Jaya Kampung Nyalindung Kelurahan Citeureup Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Senin (20/05). Panen kali ini merupakan panen ke-4 semenjak pembagian bibit cabai bantuan dari Bank Indonesia, Desember 2023 lalu.

Gerakan Tanam Pangan Cepat Panen Holtikultura yang dilakukan oleh 12 Kelompok Tani di Kota Cimahi ini merupakan upaya Pemerintah Daerah Kota Cimahi untuk meningkatkan produksi komoditas hortikultura khususnya tanaman cabai, mendukung peningkatan ekonomi dan daya beli masyarakat dalam upaya pengendalian inflasi di Kota Cimahi.

 “Keberhasilan panen cabai hari ini dengan memanfaatkan lahan yang ada secara swadaya oleh para petani, merupakan sebuah prestasi dan hendaknya dapat menjadi percontohan dan dapat memotivasi Petani Cimahi yang lainnya untuk terus giat melakukan pengembangan pertanian,” ungkap Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi dengan rasa bangga.

Baca Juga:  Peringati Hari Bakti PU, Pemkot Hadirkan Ruang Publik di Bandung Utara

Keberhasilan budidaya cabai melalui Gertam Parti ini menjadi bukti keseriusan Pemkot Cimahi dengan petani-petani dari Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani maupun juga Petani Milenial dalam upaya untuk bisa menyediakan komoditi cabai secara mandiri.

Dicky menyebut pengembangan pertanian cabai melalui pemanfaatkan lahan pertanian yang sangat terbatas cukup sulit untuk dilakukan, “Pertanian di lahan yang sangat terbatas tidak lah semudah kita membalikkan telapak tangan, perlu keseriusan, kesungguhan serta kerja keras petani dan bersinergi dengan stakeholder lainnya termasuk Pemerintah Daerah Kota Cimahi.”

Baca Juga:  Jawa Barat Terbanyak, Rubuan Kali Bencana Terjadi di Indonesia Sepanjang 2021