News  

Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Wali Kota Cimahi tahun 2024   

Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Wali Kota Cimahi tahun 2024 di Aula Gedung Cimahi Techno Park, Selasa (4/6). Foto: Diskominfo Kota Cimahi.

CIMAHI, POTENSINETWORK.COM – Jelang masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Pemerintah Daerah Kota Cimahi menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi Tahun 2024 di Aula Gedung Cimahi Techno Park, Selasa (4/6). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Cimahi.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi Dicky Saromi yang membuka secara resmi kegiatan sosialisasi ini menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi memiliki kewajiban moral dan konstitusional untuk memastikan bahwa proses pemilihan berlangsung dengan lancar, transparan, dan demokratis.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen kita bersama dalam mewujudkan proses kehidupan demokrasi di Kota Cimahi yang sehat, transparan, akuntabel dan bentuk ikhtiar Pemerintah Kota Cimahi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024,” tutur Dicky.

Baca Juga:  LPK Sekai Mustika Berangkatkan 2 Pemagang Baru ke Jepang

Dicky juga menyampaikan berdasarkan Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2024 Tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, telah ditetapkan hari Rabu tanggal 27 November 2024 sebagai hari dan tanggal pemungutan suara pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024 secara serentak di seluruh Indonesia.

Pilkada Serentak Tahun 2024 memiliki makna penting karena event ini merupakan pengejawantahan nilai-nilai demokrasi hingga ke daerah, yang menjadi momen dimana Warga Cimahi dapat menggunakan hak-nya untuk memilih pemimpin yang dianggap mampu mewakili kepentingan dan aspirasi masyarakat Kota Cimahi.

Baca Juga:  Ketua Umum KKSS Lantik Pengurus DPP HIMAS Periode 2022-2027: HIMAS Rumah bagi Perantau Sinjai

Untuk itu, Dicky menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Kota Cimahi telah membentuk Desk Pilkada untuk mendukung Penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu Kota Cimahi, dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Kota Cimahi agar berlangsung secara aman, tertib dan lancar.

Data dari KPU menunjukkan bahwa pada pemilu legislatif bulan Februari 2024 lalu partisipasi masyarakat di Kota Cimahi mencapai 85,5%, oleh karenanya Dicky berharap partisipasi masyarakat Kota Cimahi di Pilkada Tahun 2024 dapat lebih meningkat lagi dibandingkan pemilu legislatif lalu.

Baca Juga:  AJBPP Desak Pemerintah dalam Seminar "Deklarasi Bandung: Lawan Intoleransi dan Radikalisme"

“Mari lah bersama-sama kita mendukung dan mengawal Pemilihan Umum Kepala Daerah di Kota Cimahi agar berjalan dengan aman, damai, transparan dan kondusif serta berujung pada pemimpin baru yang diidam-idamkan masyarakat Kota Cimahi, yang kompeten, berintegritas dan mampu meningkatkan kesejahteraan Kota Cimahi,” harapnya.