Membangun Kepedulian Sosial: Kegiatan Rutin Donor Darah di Kantor Kecamatan Sukawening

GARUT, POTENSINETWORK.COM – Kegiatan donor darah merupakan salah satu bentuk kontribusi sosial yang sangat penting dalam menyelamatkan nyawa manusia. Di Kecamatan Sukawening, kantor kecamatan telah menjalankan kegiatan rutin donor darah sebagai bagian dari program pelayanan masyarakat.

Dalam sambutannya Camat Sukawening Jeje Jenal, S.S Tp.M.M.Si mengatakan, Tujuan Kegiatan utama dari kegiatan rutin donor darah di kantor kecamatan adalah untuk menyediakan persediaan darah yang memadai bagi mereka yang membutuhkannya, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah sebagai tindakan sosial yang dapat menyelamatkan nyawa,”ujarnya. Senin (10-06-2024).

Lebih lanjut Camat Jeje Jenal menjelaskan, Kerjasama dengan PMI
Kegiatan donor darah di kantor kecamatan dilaksanakan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) setempat. PMI bertanggung jawab dalam menyediakan petugas medis yang terlatih serta peralatan yang diperlukan untuk proses donor darah, sementara kantor kecamatan menyediakan tempat dan fasilitas untuk kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Bulan Vitamin A, Pemkot Bandung Berkomitmen Penuhi Kebutuhan Kesehatan Generasi Emas

Jadwal dan Frekuensi Kegiatan
Kegiatan donor darah dilaksanakan secara rutin dengan jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, misalnya setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali, tergantung dari kesepakatan antara kantor kecamatan dan PMI setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan adanya pasokan darah yang teratur dan berkelanjutan.

Promosi dan Penyuluhan
Sebelum pelaksanaan kegiatan donor darah, dilakukan promosi dan penyuluhan kepada masyarakat mengenai pentingnya donor darah dan persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon donor. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Dispangtan Kota Cimahi Lanjutkan Layanan Vaksinasi Hewan Gratis Untuk Cegah Penyakit

Penghargaan bagi Para Donor
Sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka, para donor darah biasanya diberikan penghargaan berupa sertifikat atau hadiah kecil. Hal ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada para donor dan mendorong partisipasi mereka dalam kegiatan donor darah di masa mendatang.

Manfaat dan Dampak Positif
Kegiatan donor darah di kantor kecamatan memiliki manfaat yang sangat besar, antara lain menyelamatkan nyawa manusia, meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah, serta memperkuat hubungan antara kantor kecamatan, PMI, dan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga:  Masyarakat Merasa Aman dengan Adanya Gerakan Serentak Membasmi DBD

Dengan demikian, kegiatan rutin donor darah di kantor kecamatan Sukawening menjadi salah satu contoh nyata dari upaya bersama dalam membangun kepedulian sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara luas,” ungkapnya. (T.Wirama)