Gol Tunggal DDS Bawa Kemenangan Persib Atas Madura United, Dapat Pujian Luis Milla

POTENSINETWORK.COM – Gol tunggal David da Silva membawa kemenangan Persib Bandung atas Madura United pada laga pekan ke-19 Liga 1 2022-2023, di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, Jumat (20/1/2023) malam.

Kemenangan Persib ini sekaligus menghapus kutukan tidak pernah menang di Madura setelah berhasil mengalahkan Madura United dengan skor tipis 1-0.

Pelatih Persib Luis Milla mengatakan, pertandingan sebenarnya berjalan sama kuat. Kedua tim sama-sama bermain menyerang untuk memecah kebuntuan dan laga berlangsung intens. Menurut sang pelatih, tuan rumah lebih dominan di babak pertama dan di paruh kedua justru Persib yang balik menekan.

“Saya melihat pertandingan ini berjalan seimbang, orang-orang yang menyaksikan laga ini juga menikmati jalannya pertandingan karena berjalan sangat menarik. Saya rasa, Madura di babak pertama lebih bagus menurut saya, namun pada babak kedua menjadi milik kami,” ujar Milla dalam sesi jumpa pers, Jumat (20/1), seperti dilansir laman Simamaung.

Pemenang pun akhirnya ditentukan saat ada satu tim yang melakukan kesalahan. Cleberson melakukan kesalahan fatal di barisan belakang yang membuat David da Silva merebut bola. Dia pun dengan tenang melewati kiper lawan sebelum menceploskan bola masuk dan membuat skor berubah 1-0.

Baca Juga:  Meski Gagal, Menpora Apresiasi Perjuangan Skuad Timnas di Piala AFF 2020

“Saat laga antara kedua tim berjalan seimbang, maka satu kesalahan kecil tentunya memberikan keuntungan bagi tim lainnya. Dalam hal ini, satu kesalahan pemain Madura bisa dimanfaatkan David, dirinya pintar menganalisa situasi di sana dan menyelesaikannya dengan gol,” tutur Milla.

Pelatih asal Spanyol itu pun memberikan apresiasi untuk pemain Persib yang sudah tampil apik dan memenangi laga. “Saya sangat senang dengan kerja keras serta spirit dari tim kami,” kata juru racik taktik skuad Persib ini.

Jalannya Pertandingan

Mengawali pertandingan, kedua tim sama-sama memperagakan penguasaan bola. Baik Madura United atau Persib, saling mencari celah pertahanan lawan. Persib mengandalkan Beckham Putra dan Dedi Kusnandar dalam kestabilan lini tengah, sementara Madura andalkan Hugo Gomes dan Lee Yu-jun.

Ancaman berbahaya dilancarkan David da Silva menit 8, solo run-nya melewati Hasyim Kipuw dan melepaskan tendangan dari sudut sempit ke tiang dekat. Tendangannya menerpa mistar, serangan susulan datang namun tendangan Ciro Alves masih melebar.

Baca Juga:  Wow, Rans Cilegon FC Bakal Rekrut Mesut Oezil dan Luis Milla, Benarkah?

Pertarungan masih deadlock hingga menit 30, Madura United selalu menemukan kesulitan ketika memasuki sepertiga akhir penyerangan. Persib juga kesulitan ketika memasuki kotak penalti lawan. Para gelandang Persib kehilangan akal untuk melakukan umpan progresi ke depan.

Menit 42, fast break Persib membahayakan gawang Madura. Kombinasi segitiga mulai dari Beckham yang menggiring bola melewati beberapa lawan, melepas keypass kepada Ciro yang muncul di sayap kanan, merangsek ke kotak penalti. Tetapi crossing datar Ciro ke DDS, dipotong lawan.

Memasuki babak kedua, Rachmat Irianto masuk mengganti Frets Butuan. Situasi ini membuat Daisuke Sato ditarik ke wing back kiri pertahanan. Tensi pertandingan mulai naik, serangan dibalas serangan, menit 52 Beckham meliuk-liuk di dalam kotak penalti mencari ruang kosong untuk melepas tendangan keras yang masih menyamping.

Madura United membalas, Beto Goncalves cut inside melewati kawalan Irianto dan Igbonefo sebelum melakukan shoot yang melambung. Milla ingin mengincar kemenangan, ia menambah gelandang serang Ricky Kambuaya mengganti Abdul Aziz.

Baca Juga:  Castillion Hengkang da Silva Datang

Menit 60 Lulinha melepas tendangan kaki kiri menyusur tanah, bola masih tepat di dekapan Teja. Semenit berselang crossing Daisuke Sato gagal diantisipasi kiper Madura Miswar Saputra, bola liar disambar Henhen bola mengarah tipis di sisi tiang gawang, gagal skor masih 0-0.

David da Silva akhirnya menjadi pemecah kebuntuan menit 76, ia berhasil memanfaatkan kesalahan bek asing Madura United Cleberson yang kehilangan penguasaan bola di area pertahanan sendiri. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper, DDS melewati Miswar dan menempatkan bola tepat di jala gawang, 1-0.

Dalam usaha mempertahankan kemenangan Nick Kuipers mendapat kartu kuning kedua yang berarti kartu merah. Ia harus mandi lebih cepat menit pada menit ke-86. Madura terus memberikan ancaman, meski sudah memasukkan pemain asing baru Kwabena Appiah, Ronaldo Kwateh, dan Taufik Hidayat, mereka gagal menyamakan kedudukan.

Persib bawa pulang tiga poin dari Madura. Selain menghapus kutukan tidak pernah menang di sana David da Silva dan kolega sukses membalas kekalahan di putaran pertama Liga 1 2022-2023.***