DPRD Kab Bandung Apresiasi Lahan LSDI bebas PBB

POTENSINETWORK.COM – Ketua Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Bandung, Osin Permana mengapresiasi kebijakan Bupati Bandung yang membebaskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk lahan sawah dilindungi (LSDI).

“Farksi Demokrat, umumnya dewan mengapresiasi, Bupati yang mengratiskan PBB untuk lahan LSDI, karena punya nilai keuntungan buat kaum tani,” jelasnya di ruang Fraksi Demokrat, Soreang, Sabtu (18/3/2023).

“Artinya, kaum tani tidak dibebankan bayar pajak, meskipun pada pelaksanaannya hari ini bagi kaum tani justru sangat berat dan usaha tani sekarang seperti judi,” sambungnya.

Baca Juga:  Bupati Bandung tak tahu Raperda Ditolak, Ada Persyaratan yang Harus Dilengkapi

Wakil Ketua Komisi B ini mengatakan, dengan liberalisasi ekonomi yang bersentuhan dengan sektor pertanian mengakibatkan kebutuhan usaha tani, seperti pupuk dan obat – obatan harganya tinggi.

Selain itu upah buruh juga mahal, sementara pangan harganya tidak stabil dan tak ada kepastian, akibatnya budget produksi dan hasil panen terjadi ketimpangan atau jomplang.

Namun jelas.Osin, langkah Bupati mengratiskan PBB.untuk lahan sawah dilindungi (LSDI), merupakan upaya jangan sampai jati diri Kabupaten Bandung, sebagai daerah pertanian hilang atau lenyap.

“Kami DPRD, .wabil khusus Fraksi Demokrat mendorong perlindungan kaum tani termasuk adanya lahan abadi pertanian, supaya tidak terjadi alih fungsi lahan yang tentu saja akan menggerus lahan dan digunakan serktor lain ,” jelasnya.

Baca Juga:  Akibat Gagal Panen Harga Cabai makin Pedas, Pemkab Bandung siapkan Subsidi hingga Rp 26 milyar