Pesantren Al Quran (TrenQu) sebagai Sarana Internalisasi Nilai Islam bagi Siswa-Siswi MI Insan Cendekia Garut

pesantren
Foto bersama peserta kegiatan Pesantren Al Qur'an (TrenQu) dan Civitas Akademika Madrasah Ibtidaiyah (MI) Insan Cendekia pada sela-sela rangkaian pelaksanaan program. (potensinetwork.com/Istimewa)

KABUPATEN GARUT, POTENSINETWORK.COM– Pesantren Al Qur’an (TrenQu) merupakan kegiatan yang lazim dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Insan Cendekia dalam rangka mengisi bulan Ramadan.

Tujuannya adalah agar peserta didik lebih paham isi dari Al Qur’an, mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan juga menjadi momentum diberikannya apresiasi terhadap seluruh siswa yang telah menghafal Al Qur’an yang merupakan program unggulan di MI Insan Cendekia.

Pesanten Al Qur’an (TrenQu) pada Ramadan 1445 H, merupakan TrenQu ke 4 yang dilaksanakan di MI Insan Cendekia Garut Karangpawitan. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari dimulai tanggal 27 Maret s.d 3 April 2024 dan dibuka langsung oleh Kepala MI Insan Cendekia, Laena Zakiyah, S.Sos.I, M. Pd.

Baca Juga:  Pesantren dan Budaya Sunda

Menurut Laena, Pesantren Al Qur’an di tingkat sekolah dasar penting dilaksanakan karena memori anak tentang kegiatan sekolah akan lebih terkenang saat dewasa, sehingga harus dikemas dengan inovasi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat membangkitkan kuriositas anak-anak.