Tema Pembangunan Kab.Sumedang tahun 2025 Ekonomi Daerah Tangguh, Inklusif dan Berkelanjutan

Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Hari Jadi ke-446 Sumedang di Gedung DPRD Sumedang, Senin (22/4/2024)

SUMEDANG, POTENSINETWORK.COM – Untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat, tema pembangunan Kabupaten Sumedang Tahun 2025 yakni ekonomi daerah yang tangguh, inklusif dan berkelanjutan.

“Pertumbuhan ekonomi ini harus bersifat ‘tangguh’ dalam arti ekonomi dapat bertahan dan memiliki daya bangkit yang cepat di tengah-tengah tantangan disrupsi seperti bencana dan resesi global,” kata  Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat Rapat Paripurna Istimewa DPRD Hari Jadi ke-446 Sumedang di Gedung DPRD Sumedang, Senin (22/4/2024)

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi juga perlu bersifat ‘Inklusif’ dimana kesejahteraan yang dicapai dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat serta dapat mengurangi ketimpangan.  “Dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, proses pembangunan juga harus mempertimbangkan keselerasan dan keberlanjutan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup,” kata Yudia.

Baca Juga:  Hingga Hari Ini masih Dilanda Banjir, Sekolah di Kota Sungai Penuh Mulai Terdampak

Yudia juga melaporkan kepada Pj Gubernur Bey Machmudin yang turut hadir dalam Sidang Paripurna bahwa selama pemerintahan transformasi Tahun 2023 -2024 Sumedang meraih total 33 penghargaan di tingkat provinsi maupun nasional.

“Di tingkat nasional 13 penghargaan dan 20 di tingkat provinsi Jawa Barat mampu kita raih. Itu semua tiada lain berkat kerja keras  dan kerja sama segenap komponen daerah,” tutur Yudia.

Menurutnya, berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih tentu menjadi suatu capaian yang akan terukir dalam sejarah. 

Baca Juga:  Diterima dengan Bijaksana oleh Rakyat Maiyah, di Depan Mbah Nun Prabowo Terkejut-kejut

“Untuk itu, pemerintah daerah beserta seluruh pemangku manah pembangunan Kabupaten Sumedang dituntut keras menjaga kebersamaan, bekerja keras, berikhtiar cerdas, bersungguh-sungguh dan merawat sikap konsisten dalam pencapaian pembangunan,” ujar Yudia.

Dikatakan Yudia, dibalik capaian prestasi serta keberhasilan fisik dan non fisik ia menyadari masih banyak harapan masyarakat yang belum dapat diwujudkan.

“Masih banyak persoalan yang belum tuntas untuk diselesaikan serta banyak tantangan dan hambatan yang perlu kita carikan solusinya. Oleh karena itu, Pemda  Sumedang senantiasa terbuka dalam menerima saran, masukan dan kritik terutama dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya. [*]