News  

Kenapa Jalan Kewenangan Kabupaten Diperbaiki Pihak Desa, Ternyata Ini Penjelasan Kadesnya

BANDUNG BARAT, POTENSINETWORK.COM – Antusias Masyarakat Kampung Sayuran Desa Mekarmukti kecamatan Cihampelas Kabupaten Bandung Barat (KBB), memperbaki jalan kewenangan Kabupaten yang rusak melalui hasil swadaya masyarakat.

Kepala Desa Mekarmukti Andriawan mengungkapkan, jalan yang di perbaiki sebenarnya jalan kewenangan kabupaten, panjang sekitar 2,2 km dengan luas 5 meter.

“Alhamdulilah kemaren kita telah melaksanakan kegiatan penambalan jalan kabupaten sayuran Cihampelas, karena memang kondisi jalan sudah agak rusak jadi intensitas kendaraan cukup tinggi banyak tempat tempat pusat kunjungan masyarakat,” ungkapnya. Selasa /29/05/2024.

Ia juga mengatakan sehingga pertimbangan lebih baik ada perawatan untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

Baca Juga:  Wamenkominfo: Pedoman AI Dukung Inovasi Anak Bangsa

Selain itu pihaknyapun menerangkan, untuk kegiatan penambalan, bersumber dari dana swadaya masyarakat, dari para pengusaha pengusaha lokal di wilayah.

“Kita rereongan udunan mengumpulkan dana untuk membeli bahan hotmix, dan sebagian bersumber dari PAD sehingga kita gabungkan untuk memperbaiki jalan yang rusak, titik jalan yang rusak kurang lebih ada 2,2 kilo meter, dengan relatif tingkat kerusakan ada yng bolong cukup besar ,ada yang parah ,dan ada yang kecil kecil, tuturnya.

Saat ditanya awak media terkait pengajuan perbaikan jalan ke tingkat Pemda KBB, Andriawan menjelaskan sudah berkoordinasi dengan pihak kepal dinas PUTR.

Baca Juga:  Pramuka Tetap Tebar Manfaat bagi Masyarakat

“Kita bahkan sudah mengajukan ke tingkat kabupaten langsung ke pa kadis PUTR, untuk kemudian langsung di masukan ke SIPD kabupaten karena memang domain kewenangan yang harus memproses adalah tingkat kabupaten,” tambahnya.

Selain diskusi dan direspon pihak putr, andriawan sampai saat ini belum mengecek dan melihat SIPD Online nya.

“Kadis merespon tapi kita belum lihat SIPD online nya apakah sudah masuk dipengajuan di tahun 2024 untuk tahun 2025 atau belum, sehingga kita belum bisa memastikan,” imbuhnya

Pengajuan program pun menurut Kades selain ke pihak Pemkab, Desa Mekarmukti juga mengajukan ke beberapa pejabat publik ke tingkat Dewan seperti ke Dewan Propinsi Aep Nurdin.

Baca Juga:  HUT KABUPATEN MAJALENGKA Bey Machmudin:  Momentum Gotong Royong Bangun Majalengka Lebih Maju

Harapannya, ada kerja sama ada respon dari pihak kabupaten terkait dengan pengajuan kami segera bisa ditindak lanjuti nanti di provinsi, karna insyaaloh untuk peluang sudah ada beberapa gambaran tinggal proses tahapan saja.

“Kurang lebih luas panjang seluruh nya ada 2,2 kilo meter jalan kabupaten, untuk bahan hotmix sekitar 8 ton ,tidak hanya ini kita melaksanakan swadaya tapi di tahun 2022 kita pernah melaksanakannya juga dari swadaya masyarakat,” pungkasnya. (Else)