Desa Pasanggrahan Giat Pembentukan Linmas, Kapolsek Memberikan Pembekalan dan Pelatihan

GARUT, Potensinetwork.com – Pemerintah Desa Pasanggrahan bersama BPD dan beberapa calon Linmas Desa Pasanggrahan hadir, guna membahas tentang pembentukan kembali LINMAS Desa. Dalam acara pembinaan Linmas dihadiri Camat Sukawening Jeje Jenal, S.S.Tp.M.M.Si dan Kapolsek Sukawening AKP Erwin Hermawan, S.IP,MH, Danramil Sukawening yang diwakili dan anggota Linmas se-Desa Pasanggrahan. Satuan Perlindungan Masyarakat (SATLINMAS) atau yang akrab disapa dengan LINMAS ini kembali mendapat perhatian sebab melihat pentingnya peran LINMAS dalam menjaga ketertiban dalam desa.

“Kami atas nama Pemerintah kecamatan Sukawening mengucapkan terimakasih kepada anggota Linmas atas kehadirannya dalam acara pembentukan dan pembinaan Linmas yang digelar di Desa Pasanggrahan kecamatan Sukawening kabupaten Garut. Terkait dengan Linmas ada beberapa unsur diantaranya yakni anggota Linmas yang dipersiapkan dan dibekali lengkap dengan pengetahuan serta keterampilan. Anggota Linmas harus betul – betul memahami tugas dan fungsinya. Seorang anggota Linmas juga harus bisa mengetahui bagaimana jika terjadi bencana dan resikonya. Anggota Linmas juga harus bisa menyampaikan imformasi kepada masyarakat. Dalam menyongsong Hari Ulang Tahun Kemerdekaan harus bersemangat dan bersyukur. Mengucapkan terimakasih kepada anggota Linmas yang telah semangat untuk menjalankan tugas sosialnya,” ucap Camat Sukawening (Jeje Jaenal, S.S.Tp.M.MSi).

Pada kesempatan ini, Kapolsek Sukawening (AKP Erwin) menyampaikan bahwa Satlinmas (Linmas) adalah merupakan satuan perlindungan Masyarakat Desa yang mempunyai tugas mendukung penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di Desa atau kelurahan. Selain itu Linmas juga mempunyai beberapa fungsi diantaranya membantu dan memelihara meningkatkan kondisi serta tata tertib dikalangan masyarakat, membantu masyarakat menanggulangi dan mengurangi akibat yang di timbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam yang mengakibatkan kerugian jiwa,”ungkapnya.

Baca Juga:  Ribuan Kali Terjadi di Indonesia Sepanjang 2022, Inilah Penilaian Indeks Risiko Bencana Tahun Ini

“Kapolsek Sukawening AKP Erwin Hermawan, S.IP, MH memberikan pelatihan materi pembekalan terkait Tugas dan Fungsi Linmas Desa terhadap anggota Linmas menjelang pemilu tahun 2024, serta menjaga keamanan dan ketentraman di desanya. Jumat (07/06/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Pasanggrahan, Kec. Sukawening, Kab.Garut, “Sebagai wujud sinegritas memberikan pembekalan dan pelatihan Linmas dalam pembinaan terhadap masyarakat,” kata Kapolsek AKP Erwin..

Pembekalan yang disampaikan yaitu tentang tugas pokok Linmas. Selain itu, diberikan pengetahuan dan pelatihan dasar baris-berbaris, gerakan pengaturan lalu lintas dan bela diri dasar. Dilakukan juga pengecekan sikap tampang dan penggunaan seragam Linmas.

Baca Juga:  Kembangkan Potensi Wisata, Lurah Braga Libatkan Karang Taruna

AKP Erwin dalam sambutannya menjelaskan, garis besar tugas Linmas adalah membantu dalam penanggulangan bencana, membantu keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan desanya.

“Dan membantu upaya pertahanan negara serta fungsi Linmas atau lebih dikenal dengan Pertahanan Sipil atau Hansip,” lanjutnya.

Kegiatan pembinaan dan pembekalan Linmas di kantor Desa Pasanggrahan kecamatan Sukawening, berjalan dengan tertib dan lancar seluruh peserta tampak antusias dan serius dalam mengikuti pembinaan dan pembekalan tersebut. (T.Wirama)