Wisata  

Yayasan Panata Giri Raharja Akan Rehabilitasi 22,62 Hektare Hutan di Kawasan Cimanggu

POTENSINETWORK.COM – Berangkat dari kepedulian atas kerusakan lingkungan wilayah Bandung Selatan, para penggiat lingkungan yang tergabung dalam Yayasan Panata Giri Raharja akan melakukan rehabilitas hutan. Tak tanggung-tanggung, luasan hutan yang akan direhabilitasi mencapai 22,62 Hektare.

Ketua Pembina Yayasan Panata Giri Raharja, Eyang Memet mengatakan, diawali dengan kegiatan pendataan kerusakan hutan, kemudian muncul program untuk melakukan rehabilitas hutan kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Cimanggu tersebut. Kawasan tersebut bisa dikatakan sudah tidak layak disebut Taman Wisata Alam karena banyak tanaman endemik hutan yang hilang.

“Ternyata nampak sekali, banyak pohon endemik yang hilang, sehingga diperlukan perbaikan hutan kawasan itu,” kata Eyang saat di wawancara di Penangkaran bibit Papak manggu Pasirjambu , Kamis 9 Juni 2022.

Baca Juga:  Renovasi Rampung, Objek Wisata Walini Siap Manjakan Wisatawan

Berawal dari program rehabilitasi hutan tersebut, pihaknya melakukan pengajuan kepada BKSDA untuk melaksanakan perlindungan dan perbaikan konservasi alam di kawasan tersebut. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pelaksanaan program rehabilitasi hutan, Eyang bersama Yayasan Panata Giri Harja sudah melakukan sejumlah persiapan. Diantaranya, pendataan tanaman endemik, pengukuran lahan dan mempersiapkan bibit.

“Sejak tiga bulan lalu, kami sudah mempersiapkan segalanya. Adapun aksi penanaman akan dilakukan di momen hari penanam pohon Indonesia,” tutur Eyang.

Selain memperbaiki dan menumbuhkan endemik yang hilang, pihaknya juga akan menambah keanekaragaman hayati di kawan tersebut. Akan ada 24 jenis pohon endemik yang akan di tanam. Kegiatan menanam pohon endemik tersebut akan dimulai pada momen hari penanaman pohon Indonesia.

Baca Juga:  Bupati Bandung Apresiasi Bedas Creative Festival 2022

Dalam rangka memperbaiki lahan hutan, pihaknya telah mempersiapkan 16 ribu pohon untuk ditanam di kawasan dengan luas mencapai 22,62 hektare.