News  

Pengurus DPP APDESI Periode 2024-2029 Dilantik, Dedi Mulyadi : Hindari Politik Praktis dan Lakukan Efisiensi Keuangan

Pengurus DPP APDESI periode 2024 - 2029 resmi dilantik dan dikukuhkan di Hotel Sutan Raja Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (22 Mei 2024).

BANDUNG, POTENSINETWORK.COM – Pengurus DPP Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI) periode 2024 – 2029 resmi dilantik dan dikukuhkan dalam acara yang di gelar di Hotel Sutan Raja Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari ini, Rabu (22 Mei 2024). Acara ini dihadiri oleh seluruh perwakilan APDESI Indonesia, juga dimeriahkan dengan peringatan Hari Jadi APDESI ke-19 tahun 2024.

Dalam sambutannya, Dewan Penasehat DPP Apdesi, H.Dedi Mulyadi, SH, menyampaikan beberapa rekomendasi penting bagi APDESI. Pertama, Apdesi di minta untuk tidak terpengaruh oleh belum diterimanya restu dari struktur pemerintahan dari Kemendagri maupun Kementerian Desa. Hal ini karena APDESI merupakan organisasi profesi dan pengakuan tidak akan mempengaruhi profesionalisme kepala desa.

Kedua, Dedi Mulyadi meminta Apdesi untuk tidak terjebak dalam politik praktis. Ia menegaskan bahwa institusi APDESI tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik. Para anggota APDESI yang ingin bermain politik dapat melakukannya secara pribadi, tanpa membawa APDESI.

Baca Juga:  Pastikan Laik Jalan, Dishub Kota Cimahi Periksa Bus Mudik Gratis

Lebih lanjut, Dedi Mulyadi menekankan pentingnya efisiensi dalam pengelolaan keuangan desa. Hal ini dapat dilakukan dengan perencanaan pembangunan yang matang dan roadmap yang memadai.

Dedi Mulyadi juga mendorong APDESI untuk membuat pelatihan atau arahan tentang etika kepala desa. Hal ini penting untuk meningkatkan kapasitas kepala desa dalam menjalankan tugasnya.

“Kepala Desa Neglasari Kec. Pakenjeng Garut, Agus Rawing berharap kepengurusan baru APDESI dapat meningkatkan kualitas para pemimpin desa, sehingga mereka mampu menjadi pemimpin yang berkualitas dan terhindar dari berbagai intervensi.

Baca Juga:  Sebuah Jembatan Amblas di Desa Padasuka Kabupaten Cianjur, Tergerus Aliran Sungai

Perwakilan APDESI Purwakarta Tatang Taryana berharap Apdesi dapat menjadi wadah bagi para kepala desa untuk memajukan desanya masing – masing. Ia juga mengapresiasi perjuangan Apdesi yang telah berhasil memperjuangkan hak – hak kepala desa.

Perwakilan Apdesi Sumatera Utara Edi Suprianto menyampaikan bahwa APDESI Sumatera Utara telah memiliki 24 pengurus Kabupaten Kota. Ia berharap APDESI dapat menyambungkan aspirasi dari kepala desa dan memperjuangkan desa yang bermartabat.”

Acara pelantikan dan pengukuhan DPP APDESI periode 2024 – 2029 ini diharapkan menjadi momentum baru bagi APDESI untuk terus berkontribusi dalam pembangunan desa di Indonesia. (T.Wirama)