Garda Kemerdekaan Usung Posisi Tawar Warga dan Pers dalam Menjaga Peran Kritisnya sebagai Fondasi Pembangunan Demokrasi dan Kekuatan Sosial Kemasyarakatan

Garda
Aktivis Garda Kemerdekaan, Kang Fuad, memberikan paparan mengenai pentingnya menjaga peran individu dan posisioning dalam membangun kekuatan sosial kemasyarakatan. Kang Fuad mendorong sinergi warga dengan kalangan pers dalam menjaga keseimbangan sosial dan menyikapi kehidupan demokrasi dan bernegara. (Foto: potensinetwork.com/Neng Yuli/Aprianto)

BANDUNG, POTENSINETWORK.COM– Dalam kajian Garda Kemerdekaan, era sekarang, pentingnya peran individu menjaga kekuatan masyarakat dan mendukung pembangunan. Tidak ada individu bisa mengabaikannya.

Aktivis Garda Kemerdekaan, Fuad Rinaldi, menjelaskan sinergi masyarakat dengan pers menjadi kunci memperkuat daya warga dalam kehidpuan sosial.

Training Kebangsaan dan Demokrasi Garda Kemerdekaan bertempat di Derwati Rancasari Kota Bandung, 21 Januari 2024.

Fuad Rinaldi atau Kang Fuad menegaskan perlunya kolaborasi antara masyarakat dan media sebagai fondasi utama pembangunan.

Kang Fuad menyoroti pula peran kritis individu dalam menyokong kehidupan sosial kemasyarakatan.

Baca Juga:  Perkuat Transformasi Struktural, agar Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

“Kalau ada tukang ojek, maka perkuatlah peran atau posisioningnya dalam kehidupan masyarakat. Hadirkan nilai tambah sebagai tukang ojek dengan menjadi penolong kepada sesama” Kata Kang Fuad.

Artinya, kata Kang Fuad, dalam posisi apapun kita, jadilah lebih berarti dalam memperkuat tatanan kebaikan lingkungan sosial dimana pun berada.

Menurutnya, keterlibatan aktif masyarakat menjadi fondasi kuat untuk memastikan bahwa pembangunan berlangsung berkelanjutan dan merata.

Dalam konteks ini, Kang Fuad menegaskan pula pentingnya sinergi dengan media massa, khususnya kalangan pers.

Baca Juga:  Ketua Panwascam Pameungpeuk Lantik PTPS Sekecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut Tahun 2024

Hal tersebut, kata Kang Fuad, menjadi kunci utama dalam memberdayakan masyarakat.