Rekrutmen 146 Siswa-Siswi  Calon Paskibraka Kabupaten Bandung Barat

Pembukaan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) digelar oleh, Badan kesatuan Bangsa dan politik ( Kesbangpol ) kabupaten Bandung barat di aula gedung HBS Cimareme, Senin /22/04/2024.

BANDUNG BARAT, POTENSINETWORK.COM – Pembukaan seleksi calon pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) digelar oleh Badan kesatuan Bangsa dan politik ( Kesbangpol ) kabupaten Bandung Barat di aula gedung HBS Cimareme, Senin /22/04/2024.

146 siswa siswi dari SMK, SMK dan MA lainnya berasal dari berbagai sekolah di kabupaten Bandung Barat seleksi pendaftaran calon Paskibraka tingkat kabupaten Bandung Barat, provinsi Jawa Barat tahun 2024 telah diresmikan.

Kepala bidang kesatuan bangsa dan politik, (Kesbangpol ) kabupaten Bandung barat Jaja S. Sos. SE. MM, memaparkan bahwa kegiatan ini mengikuti ketentuan yang tercantum dalam Perpres nomor 51 tahun 2022 tentang program Paskibraka.

Baca Juga:  UIN Bandung Sertifikasi Pembimbing Haji Profesional se-Indonesia

“Pembentukan Paskibraka tidak disiapkan hanya sebatas untuk menaikkan dan menurunkan bendera pusaka pada peringatan HUT Republik Indonesia saja,” kata Jaja.

Lanjut Jaja, Pembentukan Paskibraka tersebut menjadi salah suatu program pengkaderan para calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin untuk menjaring dan memilih anggota Paskibraka yang benar-benar mampu menjalankan tugas dan menanamkan nilai Pancasila serta untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan di kalangan generasi muda,” jelasnya.

Adapun tim seleksi calon Paskibraka tersebut terdiri dari, Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussen Arhanud), Dinas Pemuda dan Olahan (Dispora), Dinas Kesehatan (Dinkes) serta Purna Paskibraka KBB.

Baca Juga:  Mubes KMS UNM, Selfiana Wulandari Resmi Terpilih Secara Aklamasi

Ia menambahkan, Ratusan calon Paskibraka akan mengikuti berbagai tess seleksi seperti, administrasi dan kesehatan, parade, Pancasila dan wawasan kebangsaan intelegensia, peraturan baris berbaris, kesemeptaan dan kepribadian.

“Adanya kegiatan, ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang kebangsaan. Dengan demikian, para Paskibraka siap menjadi calon pemimpin bangsa masa depan yang punya jiwa nasionalisme dan berjiwa Pancasila,” ucapnya.

“Kegiatan seleksi calon Paskibraka tersebut akan berlangsung selama 3 hari mulai dari 22 hingga 24 April 2024.Nantinya akan diambil 40 siswa/i terbaik dari 146 peserta yang mengikuti seleksi Calon Paskibraka tingkat KBB tahun 2024 ini,” paparnya. (else )