Penanggulangan Pandemi di Kampus Diapresiasi Sekda Jabar

Foto: humas jabar

POTENSINETWORK.COM – Sekda Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, mengungkap strategi penanggulangan pandemi covid-19 di daerah ini.

Menurut dia, prinsip yang dikedepankan Jabar di antaranya proaktif, transparan, ilmiah, inovatif, dan kolaboratif.

Maka, lanjut dia, strategi penanganan pandemi di Jabar memerlukan sinergi semua pihak. Ia mencontohkan penerapan protokol kesehatan (prokes) 3M, perlu kesadaran masyarakat untuk melaksanakannya.

Kemudian optimalisasi 3T (tes – telusur – tindak lanjut) merupakan fungsi yang wajib dilaksanakan pemerintah.

Contoh selanjutnya vaksinasi, menurutnya, perlu kekompakan baik pemerintah maupun masyarakat, sehingga pengendalian pandemi bisa berjalan secara efektif.

Baca Juga  UIN SGD Juara Umum, Wamenag: PESONA Sebagai Komitmen Kemenag Persiapkan Generasi Emas 2045

Sekda menekankan, prokes 3M masih harus dilakukan masyarakat meskipun sudah ada kabupaten dan kota yang cakupan vaksinasinya 100 persen.

“(Prokes) Kesadaran masyarakat sebagai domainnya. Sejalan itu kita harus melakukan 3T domainnya pemerintah. Vaksinasi, domainnya pemerintah dan masyarakat. Pemerintah menyiapkan vaksin, masyarakat mau divaksin,” ujar Setiawan pada monitoring dan ECoronavaluasi Program “Sigap Lawan ” MCCC PP Muhammadiyah, sekaligus peresmian Kampus Sehat Covid-19 Universitas Muhammadiyah Bandung, di Auditorium KH. Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Kamis (6/1).