Kawasan Padat Penduduk di Bantaran Sungai Cidurian Kota Bandung Jadi Ruang Publik

Foto: humas bandung

POTENSINETWORK.COM – Kawasan padat penduduk sepanjang bantaran Sungai Cidurian RW 18 Kelurahan Antapani Kidul kini telah disulap menjadi ruang publik yang bisa dinikmati untuk bersantai atau hanya sekadar foto-foto.

Lahan sepanjang 1,3 km itu telah ditata dan direvitalisasi Pemkot Bandung berkolaborasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Sektor 22 Citarum Harum, dan masyarakat sekitar.

Semula kawasan tersebut cukup kumuh dan dipadati oleh bangunan liar, namun kini sudah tampak lebih rapi disertai dengan tumbuhan yang menghiasi sepadan aliran Sungai Cidurian.

Baca Juga:  Telusur Jejak Nenek Moyang Orang Sunda

Tampak pula miniatur rumah yang bisa dijadikan untuk spot berfoto.

“Konsepnya waterfront, yaitu sungai menjadi mukanya rumah bukan belakangnya rumah. Karena kalau sungai berada di belakang rumah itu pasti akan membuang sampah ke sungai,” ungkap Plt. Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, seusai meresmikan Tahap I Penataan Sungai Cidurian, Senin (27 Desember 2021).

Ia menyebutkan, Pemkot Bandung tak hanya menata melsinkan juga merelokasi warganya yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Cidurian.

Atas hal itu penataan tersebut mendapat apresiasi langsung dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Tiga Maklumat Generasi Muda Kota Bandung, Penegasan Pemuda terhadap Penuntasan Kasus-Kasus HAM yang Terjadi pada Masa Kini dan Masa Lalu