Dukung Penggunaan Produk Dalam Negeri, Jabar Dorong Sertifikasi TKDN Industri

POTENSINETWORK.COM Sebagai salah satu penyumbang terbesar produk-produk lokal di Indonesia, Pempriv Jabar berkomitmen mendorong industri untuk mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja dalam Sosialisasi Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di Pullman Bandung Grand Central, Kota Bandung, Kamis (16/12).

Setiawan menyambut baik kegiatan sosialisasi yang dipiloti oleh Kementerian Perindustrian RI tersebut. Menurutnya, materi yang disampaikan, terutama terkait sertifikasi TKDN, akan sangat membantu pertumbuhan ekonomi di Jabar.

Baca Juga  Bank Dunia Ingatkan Indonesia, Pertumbuhan Potensional Terus Merosot

“Kalau seandainya kebijakan-kebijakan ini bisa diterapkan di Jabar, sangat baik sekali. Dan ini akan sangat mendukung terkait dengan pertumbuhan ekonomi, khususnya di Jabar,” kata Setiawan.

“Apalagi sekarang ini ada sertifikasi. Jadi ini salah satu keuntungan yang sangat luar biasa untuk Jabar khususnya dan Indonesia umumnya,” imbuhnya.

Setiawan melaporkan, kontribusi Jabar akan produk-produk industri di Indonesia mencapai 20 persen. Dengan program sertifikasi TKDN, Setiawan berharap percepatan pertumbuhan ekonomi di Jabar dapat berjalan optimal.

Terlebih, kata Setiawan, Jabar telah meluncurkan program nomor induk usaha, baik untuk industri maupun perorangan, sehingga sertifikasi TKDN ini berkesinambungan.

Baca Juga  Jabar Himpun Tanah dan Air untuk Ibu Kota Baru