Koalisi Masyarakat Penutur Bahasa Sunda Kecam Arteria Dahlan, Ini Tuntutannya

Sejumlah tokoh masyarakat Sunda , mengadakan pertemuan di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (19/1/2022). [Suara.com]

Ia menjelaskan, kritikan dirinya kepada jajaran Kejaksaan Agung saat itu untuk membuktikan bahwa mereka itu merupakan sosok yang memiliki kompetensi, integritas dan kapasitas yang baik sebagai seorang penegak hukum.


Respon Ketua PDIP Jabar

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Barat (PDIP Jabar), Ono Surono, meminta kolega separtainya yang menjabat anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, tidak membuat isu PDIP tak menghormati masyarakat dan bahasa Sunda.

Pernyataan itu disampaikan Ono merespons pernyataan Arteria yang mengkritik kepala kejaksaan tinggi (kajati) karena menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat.

Baca Juga:  Kerupuk Unik dari "Kebunnya Aki dan Nin" Tembus Pasar Mancanegara

Ia memastikan, PDIP sangat menghargai masyarakat suku Sunda dan bahasa Sunda.

“Janganlah Arteria Dahlan atau siapapun yang pada akhirnya membuat misalnya isu bahwa ada tidak menghargai bahasa Sunda, tidak menghargai urang Sunda. Saya pastikan, saya sebagai Ketua DPD PDIP Jabar sangat menghormati betul urang Sunda, bahasa Sunda itu,” kata Ono kepada CNNIndonesia.com, Rabu (19/1).

Ono mengatakan Arteria seharusnya tidak menyampaikan kritik hingga meminta Jaksa Agung mencopot seorang kajati hanya karena menggunakan bahasa Sunda dalam sebuah rapat.

Baca Juga:  Pertemuan Pemuda Cinambo dengan Edwin Senjaya, Ungkap Pemuda Butuh Lapangan Kerja

Menurutnya, sejumlah pejabat memang kerap menyelipkan bahasa daerah ketika berbicara dengan tujuan mengakrabkan diri.